Home › Apa Itu Serangga Tomcat

Apa Itu Serangga Tomcat

Apa Itu Serangga Tomcat
Akhir-akhir ini kita mendengar Serangan Serangga Tomcat menyerang kota Surabaya? Apa itu Serangga Tomcat ? Serangga Tomcat adalah Kumbang Rove. 

Kumbang Rove atau lebih dikenali juga dengan nama daerah Semut Semai, Semut Kayap atau Charlie. Kumbang ini mempunyai ukuran kurang daripada 1 cm panjang. 

Badannya berwarna kuning gelap di bagian atas, bawah abdomen dan kepala berwarna gelap. Bagian tengah abdomen yang berwarna hijau tua mempunyai sepasang sayap keras.

Biasanya, kumbang ini kelihatan merangkak di kawasan sekeliling dengan menyembunyikan sayapnya dan dalam sekali pandang ia lebih menyerupai semut. 

Apabila diganggu kumbang ini akan menaikkan bahagian abdomen supaya kelihatan seperti kala jengking untuk menakuti musuh. Namun Tomcat dapat di basmi dengan menggunakan Pestisida Alami.

Apa Itu Serangga Tomcat
Tomcat akan mengeluarkan cairan otomatis bila bersentuhan atau berbenturan dengan kulit manusia. Gawatnya, Tomcat juga akan mengeluarkan cairan racunnya ini pada benda-benda seperti baju, handuk, atau benda-benda lainnya.

Dikutip dari Wellness, tubuh kumbang berukuran kurang daripada 1 cm, juga dikenal sebagai semut kanai atau semut kayap ini, mengandung toksin paederin. Di masa lalu, racun yang menyebabkan luka bakar pada kulit manusia ini digunakan untuk membakar kutil.

Dalam tubuh Tomcat, terdapat cairan yang diduga 12 kali lebih mematikan dari bisa ular kobra sekalipun. Racun ini bahkan bisa bertahan delapan tahun setelah serangga mati.

Serangga Tomcat otomatis akan mengeluarkan cairan apabila terjadi sentuhan atau benturan dengan kulit manusia secara langsung. Bisa juga dengan sentuhan tidak langsung melalui handuk, baju atau alat lain yang tercemar oleh racun tomcat tersebut. 

Itu sebabnya, jika sudah terkena dermatitis otomatis seperti seprei dan uba rampe-nya, handuk maupun alat-alat yang disinyalir terkena racun tomcat harus dibersihkan.
Share this article :

6 comments

Bikin badan jadi gatal2 tuh sob serangganya :)

Wah...ini yang lagi heboh sekarang...moga gak sampe ketempatku. Maklum masihada lahan kosong gak terurus. Takutnya jadi tem[pat serangga demikian...happy blogging!

Terima kasih informasinya, sangat bermanfaat sekali..

@software retail free download
Makasih atas kunjungannya Teman. Salam

Mudah-mudahan ga nyampe Kang. Salam

Konon katanya lebih parah Teman, kulit melepuh seperti terbakar.