Home , , › Mobil Esemka Rajawali Gagal Tes - Uji Emisi dan Uji Tipe

Mobil Esemka Rajawali Gagal Tes - Uji Emisi dan Uji Tipe

Esemka Gagal Tes
Belum Hilang Rasa kecewa dengan gagalnya Timnas Indonesia yang dicukur plontos habis 10-0 (main bola atau kelerang), muncul lagi suatu berita yang cukup miris hati menerimanya Mobil Esemka Gagal Tes.

Berdasarkan Surat Keputusan AJ.402/17/6/DJPD/2012 dari Dirjen Perhubungan Darat, Esemka dinyatakan belum lulus uji emisi dan diharapkan akan kembali untuk melakukan pengujian ulang. 

Esemka dinyatakan belum memenuhi ambang batas emisi CO dengan limit 5 g/km dan HC+NOX dengan limit 0,70 g/km. Sementara CO Esemka baru bisa mencapai 11,63 g/km dan untuk HC+NOX esemka baru mencapai 2,69 g/km.

Esemka harus melakukan perbaikan, atas keputusan Menteri Lingkungan Hidup No 4 tahun 2009 tentang ambang batas kendaraan bermotor untuk tipe baru. Esemka juga belum memenuhi kekurangan untuk laik jalan perihal lampu, untuk lampu Esemka harus memenuhi standar 12.000 CD (Candle Light), sementara Esemka baru berhasil mencapai 10.900 CD(Candle Light) untuk kanan. Dan untuk kiri 60.700CD(Candle Light). Dari 11 item yang diuji, 

Sebenarnya Mobil Esemka telah mengantungi 9 item yang dinyatakan lulus dari 11 item yang di uji. Hanya 2 item yang belum lulus, yaitu bagian lampu dan emisi gas buang sebagaimana  di atas.

Esemka Gagal Uji

"Ndak apa-apa kalau kami sekarang gagal. Kita coba lagi, kita minta diuji lagi nanti sambil kita perbaiki apa kekurangannya. Mewujudkan sesuatu untuk kebanggaan bangsa dan negara harus terus optimis ," Ungkap Jokowi


"Kan, yang perlu disempurnakan juga tidak banyak. Jadi, tidak usah berkecil hati, harus tetap optimis. Saya akan jelaskan kepada anak-anak nanti mengapa uji emisi gagal secara baik. Pastinya, kegagalan ini harus menjadi pemacu semangat," ujar Jokowi.

Kegagalan ini merupakan kali kedua bagi mobil Esemka dalam melakukan uji emisi. Kegagalan pertama terjadi pada tahun 2010 lalu yang sedikit mempermasalahkan masalah sinar lampu mobil. Sedangkan kegagalan sekarang diakibatkan emisi (gas buang) yang diatas standar.

Sepertinya Wali Kota Solo Joko Widodo (Jokowi) harus bertanya pada pihak pengeloala Bis Jakarta, bagaimana kiatnya bis kota yang konon knalpotnya ngebul bisa Lulus Uji Emisi. (Atau ada Udang dibalik rempeyek)

Blogspot Pemula hanya bisa "mengatakan Kegagalan adalah suatu keberhasilan yang tertunda. Semangat Terus Bangsaku Pantang Menyerah, Selalu berbuat yang terbaik bagi nusa dan bangsa".
Share this article :

10 comments

semangat buat esemka, semoga kedepannya bisa lebih baik lage dan semoga lulus uji emisinya nanti...

jiahhh gagal ya gan padahal mobilnya keren lho :D nice inpo bang salam kenal

@eka sapri alvyanto
Amin, maju terus pantang mundur. Salam


@Wahid Sahidu
Iya teman, 2 point mental nya. Salam

gak apa-apa, namanya uga pertama kali kan bisa jadia cuan untuk ke depan, ya kan sob :D

This comment has been removed by a blog administrator.

yang penting sudah berusaha,kalo ada usaha pasti ada hasilnya,semoga menjadi kebanggaan.

@de hoppus
Saya suka comment nya teman, Penuh dengan motifasi dan harapan. Salam

Waduhhh.. kasiann yaa..

@Mr.Anis
Iya Kang, mudah-mudah semuanya pada sabar. Salam

Anonymous delete 21:54

hanya kurang tegas aja! mobil angkutan umum aja lolos, apa ngga' lihat mata orang" ya? asap buanyak gitu?
mobil jelas" bagus malah gagal? bagaimana mikirnya ya?