Home › Pal-V One Mobil Terbang Pertama di Dunia

Pal-V One Mobil Terbang Pertama di Dunia

Pal-V One yang dibuat perusahaan teknologi di Belanda ini secara teknis bukanlah sebuah mobil, melainkan kendaraan beroda tiga yang yang mampu terbang, yah paling tidak penampilan Pal-V One ini  mirip sebuah mobil.

palv-one

Sebenarnya Pal-V One lebih mirip helikopter dengan baling-baling dan ekor yang bisa dilipat jika dalam mode kendaraan darat. Untuk bertransformasi dari mobil ke helikopter atau sebaliknya, Pal-V One butuh waktu kira-kira sepuluh menit.

Pal-V ini bisa melaju pada kecepatan 112 mil per jam dan hanya membutuhkan waktu delapan detik untuk mencapai kecepatan 60 mil per jam. Sedangkan untuk bisa terbang Pal-V One ini membutuhkan jalan sepanjang 164 meter untuk lepas landas.

Meskipun memiliki baling-baling layaknya helikopter, kendaraan Pal-V One ini tak bisa terbang tanpa landasan pacu seperti heli. Namun untuk mendarat Pal-V One hanya membutuhkan landasan tanpa halangan sepanjang 30 meter.

Kendaraan darat dan udara Pal-V One ini membutuhkan 102 liter bahan bakar gas untuk bisa terbang sejauh 220 mil, atau menjelajah hingga 750 mil jika digunakan untuk berkendara di darat.

Pal-V dirancang hanya untuk penerbangan di bawah 4.000 kaki dari permukaan laut. Tujuan utama dibuatnya kendaraan darat yang bisa terbang ini memang untuk menghindari kemacetan di tengah kota. 

Kendaraan ini legal untuk digunakan di jalan raya, asalkan si pengemudi memiliki surat izin mengemudi mobil dan sertifikat pilot helikopter. Demikian seperti dilansir dailymail.co.uk.

Pal-V One Mobil Terbang Pertama di Dunia ini sudah dipasarkan di toko ritel Hammacher Schemmler dengan harga USD 295 ribu atau sekitar Rp3,5 miliar (kurs Rp11.962 per USD).
Share this article :