Home , › Chris John Pertahankan Gelar ke-16 Juara Dunia WBA

Chris John Pertahankan Gelar ke-16 Juara Dunia WBA

Chris_John_Pertahankan_Gelar
Chris John Pertahankan Gelar ke-16 Juara Dunia WBA. Chris John mempertahankan Gelar Super Champion kelas bulu WBA untuk kali ke-16. 

Petinju berjuluk The Dragon itu menang angka mutlak atas lawannya yang asal Jepang, Shoji Kimura.

Tampil dominan sejak ronde pertama, di arena tinju Marina Bay, Singapura, Sabtu (5/5/2012) malam, Chris John nyaris tak mendapat perlawanan dari lawannya.

Setelah 12 ronde terlewati, ketiga hakim pertandingan menyatakan Chris John menang angka dengan 117-110, 118-109 dan 118-109.

Chris John sebenarnya menargetkan kemenangan KO paling tidak di ronde sembilan pada pertandingan ini. Namun strategi bertahan yang diperagakan Kimura membuat Chris tak mampu mewujudkan hal tersebut.

Ini merupakan kali ke-16 Chris John mempertahankan gelar juara dunianya, yang sudah dia dapat sejak 2003 setelah mengalahkan Oscar Leon. Sukses Chris John memastikan Indonesia saat ini punya dua juara dunia, setelah pada pertandingan sebelumnya Daud Yordan menang KO atas Lorenzo Villanueva.

Menargetkan menang KO di ronde sembilan, Chris John langsung tampil agresif di ronde pertama. Namun, baru di ronde kedua dia terlihat mendominasi pertandingan dengan melancarkan banyak pukulan hook dan jab.
Chris John benar-benar mendikte lawannya hingga beberapa ronde setelahnya. Meski terus membombardir lawannya dengan beragam pukulan, Kimura masih belum goyah. Strategi bertahan dengan double cover terbukti efektif meredam Chris John. Selain itu Kimura juga kerap bermain rapat dan terus merangkul Chris John.

Hingga ronde enam Chris John sama sekali tak dapat perlawanan dari Kimura. Beberapa counter yang dilepaskan petinju Jepang itu sama sekali tak merepotkan Chris.

Namun di babak ketujuh Chris John sempat dibuat sempoyongan. Dia kecolongan saat tiga hingga empat pukulan Kimura mendarat mulus di wajahnya. Beruntung petinju bernama lengkap Yohannes Christian John itu masih mampu bertahan dan melepaskan beberapa pukulan balasan.

Di ronde-ronde berikutnya Chris John kembali dominan. Namun targetnya memukul jatuh lawan tak kesampaian, karena sampai ronde 12 Kimura masih bisa bertahan dari serangan gencar yang dilancarkan
Share this article :