Home › Cara Menampilkan Kode HTML dalam Postingan Blog

Cara Menampilkan Kode HTML dalam Postingan Blog

HTML
Cara Menampilkan Kode HTML dalam Postingan Blog , Menampilkan kode HTML di dalam postingan sebuah blog terkadang biasa di lakukan bagi seorang blogger untuk mengshare tutorial tips dan triknya kepada orang lain.

Bagi yang sudah tahu, cara untuk menampilkan kode HTML ke dalam posting mungkin sudah biasa di lakukan, namun hal tersebut akan berbeda bagi blogger baru (sama seperti saya sewaktu belajar ngeblog).

Sebagai contoh, coba di masukan kode dibawah ini untuk ditampilkan kedalam posting blog anda :

<table width="400" border="1">
<tr><td>Nama</td><td>Blog</td></tr>
<tr><td>Achmad</td><td>http://blogspotpemula.blogspot.com/</td></tr>
</table>

Hasil nya akan seperti dibawah ini :

NamaBlog
Achmadhttp://blogspotpemula.blogspot.com/

Pertanyaan nya ialah bagaimana untuk menampilkan kode HTML nya saja dan bukan hasil dari kode tersebut?

Caranya manualnya cukup kita merubah beberapa bagian karakter kode sebelum di letakkan di halaman posting seperti dibawah

Kode   <  Ganti dengan   &lt;
Kode   >  Ganti dengan   &gt;
Kode     Ganti dengan   &quot;

Masalahnya jika melakukan dengan cara manual tentu sangat melelahkan apalagi jika kode HTML nya sangat banyak, jadi untuk mempercepat pekerjaan kita bisa melakukan Parse menggunakan tools Convert text to HTML entities and vice versa.

Untuk menggunakan tools tersebut carannya ialah cukup copy Kode HTML yang akan ditampilkan kedalam posting blog, pada contoh tutorial ini ialah kode Table diatas. Kemudian pastekan ke halaman tools Convert text to HTML entities and vice versa. Setelah itu tekan tombol Encode.

Ambil kode yang telah di Parse Tool tersebut kemudia copy kembali ke halaman Posting Blog anda dan lihat perbedaannya. Tools ini juga bisa mengembalikan kode yang telah di Parse ke Kode HTML aslinya.
Share this article :