Home › Video Transit Planet Venus Melintasi Matahari

Video Transit Planet Venus Melintasi Matahari

Video-planet-venus-melintasi-matahari
Video Transit Planet Venus Melintasi Matahari. Peristiwa langka Transit Planet Venus Melintasi Matahari sudah menjadi perhatian banyak pihak. Siaran proses pergerakkan Venus pun sudah bisa disaksikan dalam rekaman video.

Astronom terbesar sepanjang abad ke-19, Prof. Newcomb yang saat itu ditunjuk sebagai Direktur  Angkatan Laut AS sempat dibuat frustrasi karena transit Venus. Dia ditunjuk untuk mengurangi anggaran observasi pada transit 1882. Bahkan, astronom ternama AS ini harus memecat stafnya.

Kini dari Indonesia hingga Amerika Serikat menengadahkan kepalanya ke langit. Peristiwa langka planet Venus melintasi matahari dan bumi ini tidak akan terjadi hingga 105 tahun lagi.

Transit Venus terjadi berkaitan kendati terpisah rentang waktu delapan tahun. Hari ini Venus terlihat seperti bulatan hitam dan kecil yang bergerak melintasi matahari.

"Jika Anda bisa melihat tahi lalat di wajah Cindy Crawford, Anda bisa melihat Venus," ujar anggota Perkumpulan Pengamat Los Angeles seperti dilansir dari Daily Mail. 

Peneliti Institut Astronomi dan Ilmu Angkasa Korea, Sul Ah Chim berharap orang-orang bisa melihat dalam perpektif yang lebih besar.

"Ketika Anda berpikir dalam konteks semesta, 105 tahun itu periode yang pendek. Bumi hanya titik biru pucat yang kecil," ujar Sul.

Ketika astronom sibuk mendokumentasikan transit dari bumi, astronot AS, Don Pettit pergi ke Stasiun Luar Angkasa Internasional. Dia berniat mengambil gambar paling jelas untuk dimuat online.

Di Meksiko, sekitar 100 orang menunggu selama dua jam untuk melihat dari teleskop. Hanya satu dari 150 orang yang membawa kaca pengamatan khusus. Sementara di Indonesia pusat pengamatan digelar berbagai universitas, observatorium, komunitas, hingga streaming online.

Ini menjadi transit ketujuh yang terlihat sejak astronom Jerman, Johannes Kepler kali pertama memprediksi fenomena ini pada abad ke-17.


Selama transit Venus, teleskop Hubble Space melihat ke arah bulan. Hubble tidak bisa langsung melihat matahari karena intensitas cahaya yang sangat besar. Astronom menggunakan gambaran di bulan untuk menangkap pantulan matahari.
Share this article :

2 comments

fenomena yg luar biasa sob, sayang ane ga bisa lihat langsung

trims infonya

@Muro'i El-Barezy
Sama Sob ga lihat juga