Home , › Cara Memasang Google Analytics Blogspot Pemula

Cara Memasang Google Analytics Blogspot Pemula

“Google
Cara Memasang Google Analytics Blogspot Pemula. Bagi kita seorang blogger yang senang mengelola blog, mungkin kadang kita penasaran dengan pengunjung blog kita. Apakah pengunjung tersebut dari Indonesia atau bukan, dan penasaran dengan data lainnya. 

Sebagian blogger mungkin sudah menggunakan script atau aplikasi lainnya untuk mengetahui data pengunjung blog tersebut misalnya dengan menggunakan Histats, Sitemeter, dan yang lainnya.

Salah satu situs yang dapat digunakan sebagai tracker atau pendeteksi pengunjung adalah Google Analytics yang telah disediakan oleh Search Engine Google.

Dalam situs Google Analytics ini kita dapat mendaftar secara gratis dengan menggunakan account google kita, biasanya sama dengan account blogger kita supaya lebih mudah.

Google Analytics  merupakan salah satu dari sekian banyak layanan yang dimiliki oleh Google. Sesuai dengan namanya, Google Analytics dapat meng-analisis blog kita dan menampilkan data yang mungkin kita perlukan. Misalnya aja di dalam analisis tersebut, ada kata kunci atau keyword yang paling sering digunakan orang untuk mengunjungi blog kita.

Kita jadi mengetahui hal yang cukup penting, selain itu juga ada data lainnya, seperti jumlah pengunjung per hari, page per view, halaman yang sering dibuka oleh pengunjung dan berbagai data yang telah dianalisis dengan bantuan Google Analytics ini. Sehinga semua pengunjung blog kita akan dianalisis oleh layanan Google tersebut.

Cara Memasang Google Analytics Blogspot Pemula sebagai berikut :
1. Buka situs dengan alamat http://www.google.com/analytics/, nanti akan muncul halaman utama seperti ini


2. Klik Access Analytics, hingga muncul menu selanjutnya. Kemudian isikan data sesuai dengan account blogger yang kita miliki, terus kita klik Sign In.
Setelah berhasil masuk,


3. Klik Create New Website Profile. Kemudian isi sesuai dengan data yang dibutuhkan seperti url blog kita dan lainnya. Jika sudah, klik Continue.


4. Selanjutnya akan muncul halaman Tracking Code, ini merupakan bagian terpenting dalam Google Analytics agar dapat menganalisis data yang ada di dalam blog kita. Untuk itu, ada script yang telah disediakan oleh Google Analytics tersebut yang harus kita masukkan ke dalam blog kita.


5. Copy kode yang ada di dalam Google Analytics tersebut, kemudian kita masukkan ke dalam blogger kita. Buka blogger kita, kemudian klik Menu Design dan pilih submenu Edit HTML. 

6. Masukkan kode Google Analytics tersebut sebelum tanda </head>

7. Klik Save Template. 

8. Kembali lagi ke Google Analytics, kita klik pilihan Save and Finish yang ada di paling bawah sebelah kiri. Selesai.

Kita tunggu untuk analisis data selama beberapa waktu yang dibutuhkan. Setelah itu kita dapat mengetahui data yang kita butuhkan. 

Semoga Manfaat
Share this article :

4 comments

siipphh ijin nyoba sobat ..

@Suara Hati
Silahkan teman, semoga bermanfaat.

Sepertinya sekarang agak susah ya untuk membuat Google Analytics, sudah saya coba berapa kali tapi kayaknya sedang eror mungkin...Trima kasih ya teman....salam sukses

@Kraeng Francisco
Makasih Sobat, Salam Sukses Juga