Home , › Sejarah Baru Wanita Arab Saudi Boleh Ikut Olimpiade

Sejarah Baru Wanita Arab Saudi Boleh Ikut Olimpiade

Wanita-Arab-Saudi-Ikut-OlimpiadeSejarah Baru Wanita Arab Saudi Boleh Ikut Olimpiade. Dalma Rushdi Malhas atlet wanita Saudi bakal dikirim ke ajang Olimpiade bulan depan, Dalma adalah atlet berkuda ternama negeri Arab Saudi.

Arab saudi menorehkan sejarah baru dalam dunia olah raga dengan mengizinkan atlet wanitanya  berlaga di ajang Olimpiade.

Sebuah pernyataan dari Kedutaan Arab Saudi di London mengatakan Komite Olimpiade Negara akan "mengawasi partisipasi atlet wanita yang memenuhi syarat". Keputusan itu akan mengakhiri spekulasi terbaru mengenai apakah tim Saudi akan didiskualifikasi dengan alasan diskriminasi gender.

Partisipasi publik perempuan dalam olahraga masih ditentang keras oleh sebagian besar kaum konservatif negeri itu. Hampir tidak ada tradisi perempuan berpartisipasi dalam olahraga di Arab Saudi.

Untuk kerajaan itu, keputusan untuk mengizinkan perempuan bersaing di Olimpiade adalah langkah besar, menjungkirbalikkan tradisi mereka yang menentang setiap peran publik bagi perempuan.

Sikap keras sedikit melunak setelah Raja Abdullah, yang telah lama mendorong perempuan untuk memainkan peran lebih aktif dalam masyarakat Saudi, mengisyaratkan izin itu.

Seorang pejabat Saudi memberi bocoran, ada cerita panjang di balik keluarnya izin ini. Dalam pertemuan rahasia di Jeddah, katanya, dicapai konsensus itu pada pertengahan Juni untuk membatalkan larangan tersebut.

"Ini sangat sensitif," kata seorang pejabat senior Saudi pada BBC. Raja Abdullah, katanya, sedang mencoba memulai reformasi dengan cara yang halus, dengan menemukan keseimbangan yang tepat, antara terlalu cepat atau terlalu lambat.

"Misalnya, dia membiarkan partisipasi perempuan di dewan Syura (badan penasihat) sehingga keputusan Olimpiade merupakan bagian dari proses yang berkelanjutan, itu tidak terisolasi."

Pejabat itu mengakui bahwa menolak untuk membiarkan perempuan mengambil bagian akan tampak buruk di panggung internasional.[TRV.DTK]
Share this article :