Home , , › Batasan Kepadatan Kata Kunci Setiap Artikel

Batasan Kepadatan Kata Kunci Setiap Artikel

Kata Kunci Artikel
Mungkin banyak kawan-kawan blogger yang tidak memperhatikan betapa pentingnya Optimasi SEO Keyword dalam sebuah artikel. Hal ini karena kata kunci sangat berperan besar dalam menentukan persaingan artikel di search engine.

Sangat penting hubungannya dengan optimasi SEO pada artikel, sehingga artikel dapat dikatakan SEO Friendly, tapi selain Optimasi SEO Keyword itu membuat Template Blogspot SEO Friendly juga perlu. Semua tergantung kita menyikapinya.

Kepadatan kata kunci adalah istilah SEO yang menggambarkan jumlah perkalian kata kunci tertentu yang muncul pada halaman suatu web. Tidak ada aturan khusus seperti apa kepadatan idealnya, tetapi banyak search engine setuju apa pun keywords di bawah 5% umumnya baik-baik saja meskipun 2-3% jauh lebih baik.

Seberapa Penting Kepadatan Kata Kunci?
Kalau saya bilang "sangat penting". Hal ini berhubungan dengan optimalisasi artikel yang kita tulis. Kepadatan kata kunci umumnya diukur dengan persentase. Semakin tinggi persentase akan besar kemungkinan mesin pencari melirik suatu situs (untuk kata kunci spesifik) dan semakin besar peluang untuk mendapat peringkat lebih tinggi. Lalu bagaimanakah cara memasukkan kata kunci dalam sebuah artikel?

Kata kunci dapat dimasukkan dalam teks, dalam tag gambar, dalam keterangan dan bahkan dalam iklan. Meskipun beberapa webmaster yang berkecimpung dibidang SEO lebih banyak memilih strategi SEO dari menulis konten yang mengoptimalkan kata kunci. Hal ini karena lebih mudah dan praktis. Ketika menulis konten, usahakan memasukkan kata kunci dalam kepadatan 2-3%. Bila lebih dari 5% dapat digolongkan spam yang delisting dalam mesin pencari.

Permasalahan dari sinilah kita sering terjebak karena telah melanggar ketentuan google mengenai ketetapan blog, dan sangat beresiko tinggi. Banyak situs atau web masuk dalam sandbox dikarenakan hal yang kita anggap sepele ini.

Batas Kepadatan Kata Kunci
Untuk mengetahui kepadatan kata kunci dapat digunakan persamaan sederhana
Jumlah kata kunci yang diulang / jumlah total kata pada halaman x 100
misalnya jika kita memiliki artikel sebanyak 100 kata dan kita menggunakan satu kata kunci seperti "Pemula", jika diulang kata Pemula tiga kali maka kepadatan keywords adalah sebesar 3%.

Apakah ini penting dan berhubungan dengan Search Engine?
Jawabnya ya betul. Jika ingin mencari peringkat pada mesin pencari, kita harus menambahkan beberapa kali kata kunci dengan ketentuan paling banyak 5% tadi, sehingga dapat memiliki tingkat bouncing sangat tinggi karena kunjungan search engine dalam mengindex kata kunci.

Baiklah selamat mencoba dan sukses selalu.
Share this article :

5 comments

wah keren ni tutornya, thanks gan untuk tutor SEOnya, sangat bermanfaat buat ane yang masih pemula :D

@Aldio Blog
Ah bisa aja nih si Om, justru kami ini yang masih baru dalam dunia blog.

Mantab gan :) thanks infonya, masih newbie neh :)

Anonymous delete 09:36

kata kunci saya udah bener belom ya mas ???

@Limit Post
Cukup Sob.