Home › Fungsi Webmaster Tool Bagi Blogspot

Fungsi Webmaster Tool Bagi Blogspot

Webmaster Tool
Pernah dengan kata Webmaster Tool ? Bagi pada web master atau pemilik blog/web pasti sudah tau. Tapi sebenarnya apa fungsi dari Webmaster Tool ? Seberapa penting Webmaster Tool ini bagi blogspot/web ? 

Sebagai gambaran awal Webmaster Tool merupakan sebuah tool yang disediakan oleh mesin pencari untuk mempermudah proses indexing dari konten blog/web. Nah, untuk lebih jelasnya mengenai fungsi dari Webmaster Tool ini, silahkan baca terus artikel berikut.

Kalo melihat fungsi dari webmaster tool itu sendiri sebenarnya banyak fungsinya, diantaranya adalah:
  1. Informasi pencarian terhadap blog Anda melalui Google (search queries)
  2. Tautan menuju blog Anda (links to your site/inbound links)
  3. Informasi adanya peta situs (sitemap)
  4. Informasi kesalahan-kesalahan pada blog Anda (crawl errors)
  5. Informasi kata kunci terhadap blog Anda (keywords)
Namun dari sekian banyak fungsinya yang paling ringkas adalah untuk memaksimalkan proses pengindekan blog terhadap mesin pencari (search engine). Index? Benar. 

Jika ingin blog sobat mau terdapat dalam halaman pencarian search engine (google), sobat harus “singgah” ke Google Webmaster Tools ini. Memang, secara alami pihak google pasti “datang” ke situs/blog sobat melalui perantara google bot. Akan tetapi, dengan bantuan Google Webmaster Tools ini, akan semakin mempermudah proses peng-index-an.

Sebagai contoh saja . Pernahkah sobat melihat suatu blog/website memiliki halaman yang berlimpah? maksudnya seperti:

Home Page -> Archives -> Categories -> Articles -> dst.

Dimana halaman articles tersebut tidak memiliki link di halaman home. Hal ini akan mempersulit google bot untuk membaca (Crawling) konten apa saja yang ada dalam suatu situs/blog. Nah inilah peran penting Google Webmaster Tools (terutama tool “Google Sitemap” yang disisipkan di dalamnya).

Selain contoh diatas, dapat juga mengoptimalisasi SEO blog sobat. Salah satu hal yang sangat berguna adalah adanya fitur Sitemap blog, dengan adanya Sitemap maka Google Bot (robot Google) akan lebih cepat melakukan pekerjaannya untuk mengindeks sebuah blog.

Demikianlah tulisan Fungsi dari Webmaster Tool ini semoga bermanfaat dan sobat dapat mengoptimalkan SEO untuk blog sobat dan semakin cepat terindeks di Google.

Semoga Manfaat
Share this article :

6 comments

broo.. gw mau nanya nihh,,, gmana cara nya buat blog kayak punya mu?? q blum ngerti cara nyaa.. byar ada copyright nya..sama ada daftar menu nyaa.. tlg balas yaa,, trims

@AryaDharma
bukan Blogspot Pemula yang bikin Sobat, kami hanya sedikit mengedit nya.
Salam

bang kenapa di webmaster tool bing ana untuk crawl sitemapnya selalu status pending ya..

@jaely neutroner
Memang Sob untuk bing perlu waktu lama, yang penting sudah dijalankan prosedurnya, kemudian tunggu aja hasilnya.

Jangan lupa meta dari Bing nya di pasang di template.

makasih infonya gan, sangat bermanfaat :)

@yobbis
Sama-sama teman