Home › Cara Membuat Running Text

Cara Membuat Running Text

 Running Text
Kali ini Blogspot Pemula Akan membuat Running text dengan beberapa contoh yang dapat di modifikasi dan diterapkan pada blog kita. Salah satu contoh yang sudah Blogspot Pemula terapkan dapat dilihat di sini

Teks berjalan, atau running text bagi beberapa blogger diperlukan untuk memberikan perhatian khusus apa itu berupa pesan, kata sambutan atau yang lainnya.

Cara penulisan teks berjalan harus diawali dengan tag <marquee> dan diakhiri dengan </marquee>. Marquee sendiri memiliki beberapa atribut diantarnya :
  • Width : berfungsi untuk menentukan ukuran lebar yang nantinya akan diapakai sebagai ruang teks berjalan. (dalam satuan pixel atau persen)
  • Height : berfungsi untuk menentukan ukuran tinggi ruang teks berjalan. (dalam satuan pixel atau persen).
  • Direction : berfungsi untuk menentukan arah gerakan teks (left : teks berjalan ke arah kiri, right : teks berjalan ke arah kanan, up : teks berjalan ke arah atas, down : teks berjalan ke arah bawah.)
  • Bevaior : berfungsi untuk mengatur gerakan teks terdiri dari 3 attribute yaitu (alternate : teks bergerak bolak balik, slide : teks bergerak satu arah dan hanya sekali setelah itu berhenti, scroll : teks bergerak satu arah secara berulang-ulang).
  • Color : berfungsi untuk mengatur warna teks (ditulis dalam kode hexadecimal tetapi untuk warna dasar bisa ditulis langsung sesuai nama warna dalam bahasa Inggris)
  • Bgcolor : berfungsi untuk mengatur warna background (dalam hexadecimal atau untuk warna dasar bisa ditulis langsung sesuai nama warna dalam bahasa Inggris).
  • <font face="kode HTML> ...... </font> : berfungsi untuk mengatur jenis font, warna font, ukuran font, dan sebaginya. Antara kode HTML dipisahkan dengan spasi)
  • <span style="kode CSS"> ...... </span> : berfungsi untuk menyisipkan kode CSS di dalam HTML. Jika menggunkanan style maka atribut-atribut CSS dapat diterapkan di sini contohnya font-size : untuk mengatur ukuran font, font-weight: untuk mengatur ketebalan font, color : untuk mengatur warna font, dan sebagainya, penulisan kode CSS tersebut harus dipisahkan dengan tanda titik koma(;).
  • Scrolldelay : berfungsi untuk mengatur waktu tunda (delay) gerakan dalam satuan mili detik (ms).
  • Scrollamount : berfungsi untuk mengatur kecepatan gerakan dalam satuan pixel.
  • Loop : berfungsi untuk mengatur jumlah looping (pengulangan).
Penulisan Kode HTML dan CSS tersebut sebaiknya ditulis dalam huruf kecil semua.Untuk lebih difahami silahkan perhatikan semua kode HTML dan CSS pada contoh-contoh berikut :


Contoh 1 :
Kode HTML untuk membuat teks berjalan dari arah kanan ke kiri dengan huruf arial, bold, warna kuning, ukuran huruf 14px, tinggi area 20px, lebar area 100% di atas backgroud biru adalah sebagai berikut :

<span style="font-family:arial; font-size: 14px; font-weight:bold; color:#FFFF00;"> <marquee direction="left" scrollamount="5" height="20px" width="100%" bgcolor="#0000ff" >Masukkan Text</marquee></span>

Hasilnya Seperti :

Masukkan Text


Contoh 2 :
Kode HTML untuk membuat teks berjalan dari arah kiri ke kanan dengan huruf verdana, bold, warna biru, ukuran huruf 14px, tinggi area 20px, lebar area 100% di atas backgroud kuning adalah sebagai berikut :

<span style="font-family:verdana; font-size: 14px; font-weight:bold; color:#0000ff;"><marquee direction="right" scrollamount="5" height="20px" width="100%" bgcolor="#ffff00" >
Masukkan Text</marquee></span>

Hasilnya Seperti :

Masukkan Text


Contoh 3 :
Kode HTML untuk membuat teks berjalan dari atas ke bawah huruf arial, bold, warna biru, ukuran huruf 14px, tinggi area 70px, lebar area 100% di atas backgroud kuning adalah sebagai berikut :

<span style="color:#0000ff; font-family: arial; font-size: 14px; font-weight: bold; text-align:center;"> <marquee bgcolor="#ffff00" direction="down" height="70px" scrollamount="5" width="100%">Masukkan Text</marquee></span>

Hasilnya Seperti :

Masukkan Text


Contoh 4 :
Kode HTML untuk membuat teks berjalan dari bawah ke atas berulang-ulang dengan huruf arial, bold, warna biru, ukuran huruf 14px, tinggi area 70px, lebar area 100% di atas backgroud kuning adalah sebagai berikut :

<span style="color:#0000ff; font-family: arial; font-size: 14px; font-weight: bold; text-align:center;">
<marquee bgcolor="#ffff00" direction="up" height="70px" scrollamount="5" width="100%"> Masukkan Text</marquee></span>

Hasilnya Seperti :

Masukkan Text

Demikian Beberapa Contoh Running text yang dapat kita terapkan pada blog kita supaya semakin cantiiiiikk.
Share this article :

2 comments

matur nuwun pokoknya mantap......

@KUA Lempuing Induk
Terima kasih kunjungannya Bapak.
salam dan sukses terus..